logo web

Dipublikasikan oleh Iwan Kartiwan pada on . Dilihat: 5404

DI CARI  HAKIM SETENGAH MALAIKAT

(Suatu Impian  Dan Renungan )

Oleh: Drs. Suyadi Hs, MH.

(Hakim PA Jember)

PENDAHULUAN

Harapan masyarakat memang sangat besar, terhadap kiprah para hakim, sebagai panglima keadilan,  diposisikan sebagai wakil Tuhan. Suatu  contoh dalam   kasus pembunuhan, kemudian  nasib  nyawa Terdakwa tersebut tergantung pada palu hakim yang mengadili kasus tersebut. Kiat dari sebagian masyarakat yang peduli terhadap tegaknya hokum, mungkin karena sangat antusiasnya, untuk memperbaiki citra Peradilan di Indonesia ini, sampai pernah muncul ide dari Gus Dur (mantan presiden RI) mau mengimpor hakim. Ada ide dari sebagian fakar hukum ingin mengkocok ulang para hakim  yang telah ada, wacana itu mencuat pada sekitar menjelang Gusdur akan terpilih menjadi Presiden atau kira-kira  awal-awal lahirnya Komisi Yudisial (KY) dulu.

Dengan adanya kewenangan  yang mengatasnamakan “Demi Keadilan Berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa”, hal itu merupakan kewenangan yang  luar biasa, maka idialnya jabatan seperti itu di emban oleh sosok yang tak pernah keliru, tak pernah ngantuk, tak pernah salah, sosok yang selalu patuh kepada aturan baik hukum Tuhan maupun hukum produk manusia yang berwenang (hukum positiv).

Demikian juga selain  hakim tanpa kecuali, para penegak hukum yang lainnya (Kepolisian, Kejaksaan, KPK, KY. Advokad dan bahkan seluruh umat manusia),  tetap diharapkan mematuhi seluruh peraturan hukum yang ada.


selengkapnya KLIK DISINI


 

.

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

 Instagram  Twitter  Facebook

 

Responsive Voice