logo web

Dipublikasikan oleh Iwan Kartiwan pada on . Dilihat: 4346

BEDA SISTEM KONVENSIONAL dengan SISTEM SYARI’AH

Oleh: Drs. H. Abd. Salam, S.H. M.H.[1]

Pendahuluan

Masyarakat Islam hingga saat ini masih banyak yang apriori dengan Bank Syari’ah serta lembaga-lembaga keuangan syari’ah lainnya. Mereka sering menjastifikasi bahwa Bank Syariah tidak ada bedanya dengan Bank Konvensional. Maka ditengah masyarakat berkembang pernyataan bahwa Bank Syari’ah itu hanya “capnya” saja yang syari’ah, pada prakteknya Bank Syari’ah dengan Bank Konvensional itusama saja. Ungkapan yang bernada mencibir; “Manakah yang halal, susu sapi cap babi, atau susu babi cap sapi”. Tentu saja yang halal adalah susu sapi walau cap babi. Ungkapan tersebut ditujukan pada keberadaan Bank Syari’ah ditengah-tengah Bank Konvensional yang telah berurat berakar lama di negeri ini.

Stigma yang agak miring ini timbul karena ketidaktahuan masyarakat tentang prinsip syari’at serta perbedaan system Bank/lembaga keuangan Syari’ah dengan Bank/lembaga keuangan Konvensional. Mereka hanya melihat mekanisme praktek luar Bank Syari’ah, misalnya cara memperoleh modal dan cara pengembaliannya, tetapi tidak memahami hal yang substansiil yaitu aspek syar’inya.

Maksud dan tujuan tulisan ini adalah penulis berkeinginan menjelaskan secara singkat, perbedaan antara sistem konvensional dengan  sistem syariah pada lembaga-lembaga keuangan yang ada, agar stigma negative terhadap lembaga keuangan syari’ah tersebut sirna dan masyarakat Islam akan lebih tertarik dan dekat dengan lembaga keuangan syari’ah yang pasti berkah dan halal.


[1] Ketua Pengadilan Agama Magetan


selengkapnya KLIK DISINI


 

.

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

 Instagram  Twitter  Facebook

 

Responsive Voice