1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Tim Pengawas PTA Palu Gelar Ekspos Hasil Pengawasan di PA Donggala

Palu | www.pta-palu.go.id

Selama dua hari (10-11 Juli 2017), tim pengawas daerah PA. Donggala yang terdiri dari Drs. H. Jaharuddin, S,S.H, Hakim Tinggi PTA. Palu sebagai ketua tim, Hety Buntuan, S.H, Panitera Pengganti PTA. Palu, Iin Maghfirah, S.ThI, Kasubag. Kepegawaian dan TI PTA. Palu, Resmi, S.E.,Ak, staf Sub. Bagian Keuangan dan Pelaporan PTA. Palu dan Hardi Trisanta, S.Kom, staf Sub. Bagian Kepegawaian dan TI PTA. Palu melakukan pemeriksaan terhadap seluruh bagian di PA. Donggala berdasarkan Surat Tugas ketua Pengadilan Tinggi Agama Palu, Nomor : W19-A/565/PS.00/IV/2017 tanggal 18 April 2017 maka Rabu, 12 Juli 2017 tim pengawas tersebut menggelar ekspos hasil pengawasan di ruang sidang PA. Donggala dan diikuti oleh seluruh aparatur PA. Donggala.

Dibuka langsung oleh ketua PA. Donggala, Drs. Samsudin, S.H yang menyampaikan agar kiranya seluruh temuan yang akan disampaikan oleh tim pengawas segera ditindaklanjuti sebagaimana mestinya.

Dalam ekspos tersebut, satu persatu tim pengawas menyampaikan temuan masing-masing bidang, mulai dari Managemen Peradilan, Administrasi Persidangan, administrasi perkara dan minutasi, administrasi keuangan perkara, pelaporan perkara dan kearsipan perkara, administrasi penyelenggaraan keuangan APBN belanja pegawai, barang, jasa dan modal, administrasi kepegawaian, umum, keuangan, perencanaan, TI dan pelaporan serta kearsipan kesekretariatan dan kepustakaan.

Pengawasan tersebut merupakan implementasi kebijakan Mahkamah Agung yang menjadikan Pengadilan Tingkat Banding sebagai kawal depan (voorpost) Mahkamah Agung dalam menjalankan fungsi pengawasan terhadap kinerja pengadilan tingkat pertama.

Sejatinya, dalam tataran tersebut, pengawasan bukan dimaksudkan untuk mencari-cari kesalahan pengadilan tingkat pertama namun lebih sebagai upaya untuk memastikan bahwa pengadilan tingkat pertama telah memberikan pelayanan yang maksimal kepada pencari keadilan.

Ekspos selesai pukul 12.00 WITA dan diakhiri dengan penandatangan kontrak kinerja.

Selain tim pengawas daerah PA. Donggala, di hari yang sama, Senin, 10 Juli 2017, PTA. Palu juga menurunkan dua tim sekaligus, yaitu tim pengawas untuk PA. Bungku dan PA. Banggai  dan akan diikuti oleh tim pengawas lainnya di akhir bulan ini. (Iin)

Add comment

Pembaruan MA

Layanan Info

BANNER SUBDIT HAKIM

hasil-tpm

Elearning

Banner majalah

tnde01

BANER WEB