1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

PA Manna Gelar Sidang Keliling Itsbat Nikah Terpadu di Kabupaten Kaur

Manna | PA Manna

Ada yang berbeda pada Pengadilan Agama Manna Kelas II dalam 2 minggu terakhir. Suasana kantor yang terlihat sepi dibandingkan dengan hari-hari biasanya. Bukan hanya sekedar sepi dari para pencari keadilan, namun pegawai yang biasanya terlihat ramai tak nampak kesibukannya. Hal ini dikarenakan Pengadilan Agama Manna sedang melaksanakan kegiatan sidang keliling (sidang itsbat nikah terpadu).

Sesuai dengan Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pelayanan Terpadu Sidang Keliling Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama/Mahkamah Syaríyah dalam rangka penerbitan Akta perkawinan, Buku Nikah dan Akta Kelahiran. Pengadilan diminta untuk menjalin kerjasama dengan instansi terkait dalam rangka penerbitan akta perkawinan, buku nikah dan akta kelahiran. Hal ini tentu saja dalam rangka memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat sebagai para pencari keadilan.

Pada tahap pertama ini Pengadilan Agama Manna melakukan sidang keliling di Kabupaten Kaur. Sidang keliling dilakukan di 3 kecamatan yaitu pertama, Kecamatan Tanjung Kemuning dilaksanakan pada Kamis, 13 April 2017 dengan 61 perkara ( Dikabulkan 57, ditolak 1 dan tidah hadir 3). Kedua, Kecamatan Semidang Gumai dilaksankan Senin, 17 April 2017 dengan 69 perkara (Dikabulkan 66, dicabut 1 & tidak hadir 2) dan Ketiga, Kecamatan Nasal dilaksanakan Selasa, 18 April 2017 dengan 21 perkara (semua perkara dikabulkan).

Dari pelaksanaan sidang keliling di Kabupaten Kaur ini dengan perkara masuk berjumlah 151 perkara, maka dapat dilihat hasilnya yaitu perkara yang dikabulkan berjumlah 144 perkara, ditolak 1 perkara, dicabut 1 perkara dan tidak hadir 5 perkara.  Setelah mendapatkan salinan penetapan para pencari keadilan dapat langsung mengurus penerbitan buku nikah di Kantor Urusan Agama masing-masing.

Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat sebagai pencari keadilan.  { HaHa }

Add comment

Pembaruan MA

Layanan Info

BANNER SUBDIT HAKIM

hasil-tpm

Elearning

Banner majalah

tnde01

BANER WEB