logo web

on . Dilihat: 4774

 

Kesebelasan Peradilan Agama

*

Selesai dari mushola, tadi pagi, saya langsung membuka internet. Ingin memberi tahu Cholil, tentang jadwal kunjungan saya ke Australia akhir bulan November 2011 ini.   Cholil adalah panggilan saya kepada Achmad Cholil, hakim muda kita,  yang sejak tiga bulan lalu sedang tugas belajar di Australia. Dia ngambil program Master of Laws, pada  Melbourne Law School, The University of Melbourne.

Sebelum saya menulis email, saya buka lagi email dia yang dikirimkan beberapa hari lalu kepada saya. Saya baca ulang kalimat demi kalimat yang dia tulis. Saya jadi ingat duapuluhan tahun lalu, waktu saya sekolah di Michigan.

Orang seperti Cholil memang menggembirakan banyak orang, termasuk orang tua, keluarga dan para pengasuhnya. Saya termasuk “orang tua” yang dekat dengannya dan yang ikut digembirakan olehnya. Bagi saya, dia adalah salah satu harapan. Harapan untuk ikut membawa dan mewarnai peradilan agama di masa depan.

Ketika saya mulai bertemu dia, dua tahun lalu di gedung PA Maninjau, sejak itu saya sudah tertarik padanya. Dia menjelaskan situsweb PA Maninjau di mana dia menjadi salah satu adminnya. Saya juga melihat saat itu, ketrampilan dia dalam berteknologi  dan berbahasa Inggris sangat menonjol.

Sepulang dari PA Maninjau, saya bicarakan dengan kawan-kawan di Badilag. Mereka setuju, dia dipindah ke PA Pandeglang untuk diperbantukan di Badilag sebagai staf Dirjen dalam menangani kerjasama luar negeri, terutama kerjasama dengan negara-negara barat.

Banyak yang telah dia perbuat, khususnya dalam upaya meng”go-international”kan peradilan agama. Di samping membantu saya berkomunikasi dan menata kerjasama internasional, dia juga bertugas dalam mengelola “English Meeting Club” dan badilag.net versi bahasa Inggris.

Saya puas dengan kecepatan dan ketrampilan dia dalam melaksanakan tugasnya. Seluruh tugas yang saya berikan padanya selalu diselesaikan dengan baik. Bahkan, dia tidak saja menunggu tugas yang diberikan, namun lebih jauh dari itu dia sering mengusulkan kegiatan-kegiatan serta cara dan langkah-langkah pelaksanaannya.

Saya senang sekali ketika dia mendapat bea siswa untuk belajar di Melbourne Law School untuk program master. Sudah pasti, diapun senang. Namun dia nampak berat berangkat ke Australia sebab harus meninggalkan tugas di Badilag yang belum lama dia emban dan banyak sekali kegiatannya.

“Tidak, anda harus tetap pergi. Ini kesempatan bagi anda dan juga bagi peradilan agama. Jangan pikir tugas di Badilag. Insya Allah akan ada gantinya”, saya meyakinkan dia.  Cholilpun nampak mantap  untuk pergi melaksanakan tugas belajar. Posisi dia di Badilag lalu digantikan oleh Rahmat Arijaya, hakim muda juga potensial, asal Batam.

**

Peradilan agama ini perlu banyak orang seperti Cholil, yang smart, terampil dan penuh dedikasi. Peradilan agama juga memerlukan orang-orang kuat di berbagai bidang. Peradilan agama  adalah suatu “kesebelasan”. Semua lini pada kesebelasan kita harus kuat, smart dan solid.

Tidak bisa dalam suatu kesebelasan, yang jago itu hanya penyerang saja, sementara pemain belakang dan penjaga gawangnya payah. Kita akan banyak kebobolan. Demikian juga kalau kiper dan pemain belakangnya saja yang kuat tapi pemain gelandang dan penyerangnya tumpul, mesti tidak akan ada gol kemenangan. Percuma saja. Apalagi kalau seluruh lini lemah, ya kipernya, pemain belakangnya, gelandangnya dan penyerangnya, kita yakin kesebelasan itu hanya jadi bulan-bulanan lawan saja.

Kerja kesebelasan adalah kerja tim, bukan kerja perorangan. “Teamwork” yang baik menjadi suatu keniscayaan.  Namun, apa artinya “teamwork” yang kuat, jika kualitas tiap individu tidak mumpuni. Jadi, dalam kerja tim, haruslah secara simultan adanya “teamwork” yang kuat dan individu yang berkualitas.

Kita beruntung punya para pemimpin yang berintegritas tinggi, arif, kapabel  dan perhatian kepada staf. Kita juga alhamdulillah, di badilag dan peradilan agama banyak kader-kader di berbagai bidang yang dapat mendukung tugas pokok.

Kita punya banyak kawan yang menguasai di bidang hukum acara dan hukum materi, terampil pola bindalminnya,  ahli di bidang perencanaan, mahir di bidang TI,  jago di bidang bahasa Ingrris dan bahasa Arab, dan lain-lainya. Alhamdulillah, kita sudah melihat hasil yang dicapai.

Namun demikian, kemahiran dan penguasaan itu sebaiknya ditularkan kepada kawan-kawan lainnya dan kepada generasi berikutnya. Sebagai kesebelasan, kita memerlukan jago-jago di berbagai lini yang diperlukan, sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing. Klub sepak bola yang baik adalah yang selalu mencari, melatih dan mengembangkan pemain-pemain muda yang berbakat, sebagai pengganti tim seniornya. Estapeta kesuksesan perlu terus diperhatikan dan dipelihara.

Kita memerlukan hakim, panitera, jurusita, pejabat administrasi dan seluruh staf yang trampil, menguasai permasalahan dan berintegritas tinggi.  Di pusat dan di daerah sama saja. Tidak ada istilah, yang satu lebih penting dari lainnya, atau yang lain lebih berperan dari yang satunya. Semuanya sama dan berperan sesuai tupoksi kita masing-masing.

Peradilan Agama kita adalah kesebelasan nasional kita. Kita perlu memonitor apakah manager dan pelatihnya telah menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya, apakah para pemainnya sudah disiplin dan semangat, apakah sarana prasarana dan fasilitas yang diperlukan sudah tersedia, apakah pengkaderan sudah berjalan?

Jika itu semua sudah berjalan dengan baik, insya Alloh kesebelasan kita akan dapat mengalahkan lawan-lawan dengan telak. Lawan-lawan kita adalah ketidak profesionalan, ketidak berdayaan, ketidak pedulian, ketidak disiplinan,  ketidak adilan, kemalasan dan kejumudan. Kita mesti akan menjadi juara. Juara dalam meraih kepercayaan dan kepuasan masyarakat pencari keadilan. Mudah-mudahan. (WW).

 

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

 Instagram  Twitter  Facebook

 

Responsive Voice