logo web

Dipublikasikan oleh Iwan Kartiwan pada on . Dilihat: 859

Problematika dan Solusi Praktik Pelaksanaan SAPM bagi Peradilan Agama

Oleh : M. Dikyah Salaby Ma’arif, S.E.I., M.S.I., M.B.A.

Staf Pengadilan Tinggi Agama Yogyakarta

A. Latar belakang

Tantangan dunia peradilan cenderung semakin meningkat dan kompleks. Pesatnya tingkat perkembangan teknologi informasi dan tingginya tuntutan masyarakat untuk mendapatkan akses keadilan merupakan tantangan tersendiri bagi lembaga peradilan dalam merumuskan kebijakan umum peradilan.Untuk tercapainya pelayan hukum yang berkeadilan dibutuhkan kemandirian lembaga peradilan, baik secara struktur kelembagaan maupun proses peradilan dengan didukung adanya Sumber Daya Manusia  yang profesional, berwawasan kedepan memiliki integritas moral yang tinggi, serta tersedianya kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana penyelenggara pelayanan hukum yang representatif.Peningkatan kemampuan penata kelolaan peradilan sesuai dengan tuntutanmanagemen modern dalam cakrawala keterbukaan informasi (transparancy) dan akuntabilitas tidak luput dari fokus pengelolaan lembaga.


Selengkapnya KLIK DISINI


 

 

Comments  

 
# Umi PAJU 2017-12-28 11:28
SAPM keharusan bagi setiap lembaga peradian. Ketika pemberian sertifikat SAPM di Makasar beberapa waktu yang lalu kita melihat bahwa pemberian sertifikat untuk saudara tua kita dari peradilan umum elah dilakukan beberapa kali.Dalam pemberian sertifikat tersebut dari peradilan umum tidak saja diperuntukan untuk tingkat pertama , namun juga untuk tingkat banding. Hal ini yang harus kita contoh sekaligus kita persiapkan. Semoga pemberian sertifikasi SAPM pada Pebruari 2018 untuk peradilan agama tidak hanya untuk tingkat pertama , namun juga tingkat banding. sukses peradilan agama menuju peradilan yang Agung. Sukses dunia peradilan umumnya.
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# salaby 2018-01-02 10:36
Sangat setuju dengan penerapan SAPM guna mengukur kinerja satker, dengan catatan bahwa prinsip efektifitas dan efisiensi dalam upaya pencapainnya tetap menjadi pertimbangan utama..
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# hamsin PA Luwuk 2018-01-03 13:54
seharusnya badilag harus melakukan SAPM utk tigkt. Banding, lalu tingkat banding ini menurunkan ke tingkat pertama, sehingga ilmunya itu tersambugkan, sekarang ini bgmna??????
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# ahmad 2018-01-04 10:08
setuju pak hamsin...
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# someone@underpower 2018-01-08 14:01
bagi pa yg sudah memperoleh sertifikat sapm smoga tidak hanya menggebu dan bernafsu untuk meraih penilaian sapm semata terlebih exellent, apalah artinya bila terbukti hanya hijau semangka
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# JEfi 2018-01-09 09:49
hakeknyaat SAPM adalah peningkatan mutu dan pelayanan, jadi bukan skedar formalitas lalu berhasil mendapatkan sertifikasi, namun jauh dari pada itu adalah kepuasan dan rasa keadilan terhadap masyarakat dapat tersampaikan melalui SAPM ini.
SAPM hendaknya bukan sekedar hanya parfum pengharum nama satker, namun bagaimana proses berkeadilan dalam pelayanan bisa terpenuhi secara prima
Reply | Reply with quote | Quote
 

Add comment

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Lokasi Kantor